PEMBUKAAN PKLT POLKESLU TAHUN 2021

Pembukaan PKLT Polkeslu Tahun 2021

PEMBUKAAN

PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERPADU (PKLT)

POLTEKKES KEMENKES BENGKULU  

TAHUN 2021

Pembukaan Praktek Kerja Lapangan Terpadu (PKLT) Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bengkulu dilaksanakan Tanggal 31 Mei 2021 dengan melibatkan 9 Wilayah Kota/Kabupaten yang ada di Provonsi Bengkulu/Luar Provinsi diantaranya Kota Bengkulu, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Muko-Muko, Seluma, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan dan Luar Provinsi. Acara ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Republik Indonesia (Kapusdik SDMK RI) Bapak DR. Sugiyanto., M.App. Sc, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Bengkulu, Kelurahan dan Camat Kabupaten/Kota Bengkulu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu dan Segenap Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Pelaksanaan kegiatan PKLT ini dibuka resmi secara Online oleh Kepala Pusat Pendidikan SDMK RI Dr. Sugiyanto., S.Pd., M.AP, dalam arahannya Kapusdik SDMK RI menyampaikan bahwa saat ini proses pembelajaran masih dilaksankaan secara daring meskipun demikian harus tetap dimaksimalkan kepada seluruh mahasiswa. Pelaksanaan PKLT ini diharapkan dapat meningkatkan Inovasi Kreatif mahasiswa, sebagai bentuk tantangan penyebaran terhadap covid-19 dan Peran penting program vaksinasi, sebagai bentuk apresiasi terutama Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang telah melaksanakan vaksinasi dan memiliki Pcare sendiri.

Di Indonesia terdapat 38 Poltekkes dibawah Kementerian Kesehatan RI, Kapusdik SDMK RI menyebutkan dari jumlah Poltekkes, terdapat 4.900 orang dosen akademisi yang saat ini juga ada yang berkontribusi melaksanakan vaksinasi, edukasi dan komunikasi masyarakat. Dengan demikian selama kondisi Covid-19 diharapkan adanya kontribusi penanggulangan penyebaran Covid-19 seperti halnya Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang telah melakukan kampanye masal vaksinasi, sehingga dengan adanya PKL terpadu ini dapat memberikan Implementasi IPE dan IPC serta dijadikan sebagai sumber kontribusi penanggulangan Covid-19 dengan memberi solusi terhadap persoalan/masalah, kerjasama/kolaborasi pada saat nanti mahasiswa lulus dan empati sosial yang baik dimasyarakat.

Pada acara pembukaan Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu Eliana., SKM., MPH menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei s.d 12 Juni 2021 dengan tema ”Poltekkes Kemenkes Bengkulu Mendukung dan Mensukseskan Vaksinasi Covid-19 di wilayah tempat tinggal mahasiswa baik di Propinsi atau Luar Propinsi Bengkulu”. Selama 2 Minggu praktik di masyarakat mahasiswa akan menggali permasalahan secara Interprofesional  Education (IPE) dan Interpropesional Collaboration (IPC), selanjutnya mahasiswa bersama-sama masyarakat membuat perencanaan dan melakukan tindakan yang bersinergi dengan UPT Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing wilayah. Pada kesempatan ini Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu juga menginformasikan bahwa Poltekkes Kemenkes Bengkulu saat ini memiliki Klinik Hygea untuk pelaksanaan kegiatan vaksin secara Mandiri dan Pcare yang bekerjasama dengan BPJS serta 33 Vaksinator yang terlatih. Selanjutnya, Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu kembali mengingatkan pelaksanaan PKLT mahasiswa untuk bisa mengembangkan potensi yang ada di masyarakat dalam meningkatkan dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Kepaa Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Bengkulu Nelly Alesa, SKM., M.Si menyampaikan bahwa Kesehatan itu merupakan faktor penting dalam produktivitas masyarakat, PKLT merupakan wadah advokasi masyarakat, edukasi mencegah penularan Covid-19 sehingga masyarakat menyadari pentingnya vaksinasi dan penegakan protokol kesehatan. Melalui mahasiswa yang melaksanakan PKLT ini Dinkes Provinsi mengharapkan mendapatkan  dukungan yang lebih optimal.

Secara keseluruhan dengan adanya pelaksanaan PKLT ini diharapkan mahasiswa sebagai juru bicara pemerintah terkait protokol kesehatan dan peran aktif peserta mahasiswa sehingga menghasilkan tenaga kesehatan terampil dan profesional. (POLKESLU, hms/els)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *