HALAMAN

PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI

PROGRAM STUDI D3 FARMASI

Dunia Farmasi yang didalamnya mempelajari tentang obat-obatan, tentu tidak lepas dari masalah kesehatan. Pesatnya perkemabangan IPTEK mendorong percepatan teknologi dan penelitian di bidang obat. Hal ini membuat meningkatnya kesadaraan dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan juga mendorong masyarakat menuntut pelayanan informasi tentang obat. Peran farmasis dari tahun ketahun semakin profesional sehingga pelayanan juga diharapkan prima. Oleh karena itu harus dipersiapkan tenaga teknis kefarmasian yang  memiliki kemampuan dalam pelayanan, manajemen dan beroroentasi pada pasien

Penyelenggaraan pendidikan Diploma III Farmasi menggunakan Visi dan Misi yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 580/KPT/I/2017 tentang izin Pembukaan Program Studi farmasi Program Diploma Tiga pada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu  tanggal 18 Oktober 2017. Upaya mencapai hal tersebut perlu diadakan kegiatan pengembangan Visi dan Misi yang bertujuan mendapatkan masukan-masukan dari para pakar Visi dan Misi, stakeholder/user dan organisasi profesi.

Program Diploma Tiga Farmasi merupakan satu dari 13 program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

 

PRODI III FARMASI  

Visi program studi

Menghasilkan Tenaga Teknis Kefarmasian Di Bidang Pelayanan Dan Pengembangan Sediaan Bahan Alam Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing Pada Tingkat Nasional Tahun 2023

Misi program studi

Misi Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas dan  berdaya saing nasional dan bercirikan profesionalitas
  2. Melaksanakan Penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan pelayanan dan pengembangan sediaan bahan alam sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai wujud kepedulian sosial yang terencana, terprogram dan berdampak bagi kesehatan  masyarakat.
  4. Menjalin kemitraan antar profesi kesehatan baik di tingkat regional,  nasional  dan internasional untuk menghasilkan lulusan berdaya saing.

Tujuan program studi

Tujuan Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pelayanan dan pengembangan bahan alam
  2. Mengembangkan penelitian farmasi inovatif yang berguna untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan
  3. Mampu melakukan pengabdian di masyarakat sebagai wujud kepedulian sosial yang terencana, terprogram dan berdampak bagi kesehatan  masyarakat.
  4. Menghasilkan kemitraan antar profesi kesehatan baik di tingkat regional,  nasional  dan internasional untuk menghasilkan lulusan berdaya saing.

 

Lokasi Kampus

Kampus A berada di Jl Indragiri No 3 Padang Harapan Kota Bengkulu 

 

Prospek Kerja

Setelah menempuh pendidikan di prodi D3 Farmasi,  pekerjaan utama yang bagi lulusan D3 Farmasi adalah Asisten Apoteker. Selain itu juga bisa bekerja di perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga atau ahli Farmasi. Berikut adalah beberapa prospek kerja D3 Farmasi :

  1. Staff Warehouse
  2. Quality Assurance Inspector
  3. R&D Analyst
  4. Quality Control Analyst baik di laboratorium kimia atau mikrobiologi
  5. Team Leader Produksi
  6. Supervisor Produksi
  7. Bagian administrasi pelayanan obat di instansi Pemerintahan /Polri/TNI
  8. Peluang atau prospek kerja farmasi berikutnya adalah bekerja di lembaga pemerintah. Lembaga resmi pemerintah yang mengurus pelegalan obat dan makanan disebut dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Ini dapat Kamu jadikan prospek kerja jika berminat bekerja di bawah naungan pemerintah. Disamping itu bisa mencoba pada lembaga lain yang berada di bawah naungan pemerintah seperti BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan)