Berita

1 Desa 1 Sanitarian Program kerjasama KEMENKES RI dan HAKLI

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia(HAKLI) bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan penguatan dibidang kesehatan lingkungan yang amana dalam penguatan kerjasama ini akan menerapkan program sanitarian disetiap desa.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam hal ini di wakilkan oleh Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana mengatakan, perlu ada pendampingan petugas ahli kesehatan tersebut, sehingga dapat membantu pelayanan kesehatan.

“Ini adalah ide HAKLI yang sangat luar biasa. Karena selama ini pemerintah, kalau pelayanan yang paling dekat dengan masyarakat yang ada tenaga ahlinya yaitu puskesmas. Hingga saat ini standarnya baru satu tenaga sanitarian di puskesmas. Padahal kita tahu penduduk wilayah satu kerja puskesmas itu bisa lebih dari 3 (tiga) puluh ribu,” ucapnya.

Peran serta Organisasi Profesi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia ( HAKLI ) Dalam rangka Pemenuhan Dan Pemerataan Tenaga Sanitasi Lingkungan Dalam mewujudkan Pembangunan Desa / kelurahan Sehat berperan penting membantu pemerintah Pusat Dan Daerah melalui terobosan spektakuler program 1D1S ( 1 Desa 1 Sanitarian ) yang perlu diapresiasi Dan disuport untuk mendukung Kebijakan SDM unggul untuk Preventif pada bidang Sanitasi Lingkungan di desa.

Sementara itu, Ketua HAKLI Indonesia,Prof.Dr. Arif Sumantri SKM,MKes mengungkapkan, pendampingan tenaga ahli kesehatan memang sangat diperlukan, terutama dalam menjangkau pelosok-pelosok desa yang ada di Kepulauan Indonesia.