Berita

SERVICE QUALITY AND LEADING SERVICE EXCELLENCE POLTEKKES KEMENKES BENGKULU 2019

SERVICE QUALITY AND LEADING SERVICE EXCELLENCE POLTEKKES KEMENKES BENGKULU 2019

 

 

 

Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik dan manajemen perubahan, Poltekkes Kemenkes Bengkulu pada tanggal 19 - 22 September 2019, melaksanakan pendidikan dan pelatihan pelayanan prima (Developing, Managing and Leading Service Excellence), yang bertempat di Grand Rocky Hotel Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Sebagai peserta adalah perwakilan dari seluruh Civitas Poltekkes Kemenkes Bengkulu terdiri dari : Direktur, Wadir, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Tenaga Kontrak yang berjumlah 115 orang dan sebagai narasumber adalah Tim yang berkompeten dibidang pengendalian mutu dan layanan dari Badan PPSDM Kemenkes RI. Pelaksanaan kegiatan pelatihan Training Service Qualiy Excellence meliputi penjabaran Service Quality, diskusi dan praktik pelayanan prima.

Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu dalam pembukaannya menyampaikan bahwa pelatihan Training Service Qualiy Excellence ini sangat perlu sekali dilaksanakan agar semua peserta dapat terpapar dalam hal pelayanan yang prima dan paripurna, terutama dalam hal keseharian pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat.

Pelayanan yang baik dan memuaskan menjadi harapan semua pelanggan baik mahasiswa, internal maupun eksternal adalah dengan menerapkan pelayanan prima di Poltekkes Kemenkes Bengkulu, ini harus dan wajib dilaksanakan dan menjadi budaya kerja seluruh pegawai Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Salah satunya adalah melalui komunikasi efektif  terhadap pelanggan dan hal ini akan menjadi modal utama dalam memahami dan melayani keinginan, harapan mahasiswa serta masyarakat. Selain itu penanganan keluhan pelanggan (mahasiswa dan masyarakat) sangat perlu mendapat perhatian dan penanganan khusus yang responship, cepat dan tepat, karena hal tersebut menjadi ukuran/indikator dalam kepuasan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan yang prima Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Diharapkan seluruh pegawai Poltekkes Kemenkes Bengkulu dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dalam proses / langkah–langkah teknis terkait komunikasi efektif dengan sesama teman sejawat / internal (menggunakan Teknik : Situation Background Assessment Recommendation/SBAR dan Tulis Baca Konfirmasi/TBaK) serta komunikasi dengan pelanggan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara prima dan keselamatan pelanggan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, hal ini juga sangat terkait dengan tujuan dari Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).