WORKSHOP EVALUASI CAPAIAN KINERJA TAHUN 2023, PENYUSUNAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) TAHUN 2024 DAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS BISNIS 2025-2029 POLTEKKES KEMENKES BENGKULU

Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Poltekkes Kemenkes Bengkulu selaku salah satu Instansi Pemerintah yang pengemban amanah untuk melaksanakan kewajiban berakuntabilitas melalui penyajian Laporan Kinerja yang dibuat sesuai ketentuan yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Revieu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Evaluasi hadir untuk memberikan masukan, kajian dan pertimbangan dalam menentukan apakah program layak untuk diteruskan atau dihentikan. Dengan kondisi demikian maka istilah evaluasi program menjadi sesuatu yang lumrah di lembaga pendidikan. Laporan yang disusun memberikan gambaran penilaian tingkat pencapaian target masing-masing indikator sasaran srategis yang ditetapkan dalam dokumen Renstra Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Pengukuran kinerja digunakan untuk menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program, sasaran yang ditetapkan. Dalam siklus manajemen pengelolaan kinerja, dimana komponen perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan monitoring evaluasi harus saling terkait, berkesinambungan dan dapat dijalankan dengan efisien dan efektif.

Upaya untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu kegiatan diperlukan indicator tertentu. Indikator yang demikian sering disebut dengan Indikator Kinerja Utama yang disingkat menjadi IKU. IKU atau Key Performance Indicators (KPI) merupakan ukuran atau indikator kinerja suatu institusi/lembaga, utamanya dalam mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Setiap institusi idealnya merumuskan indikator kinerja utama, dan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama. Adanya IKU tersebut antara lain dimaksudkan untuk mendapatkan ukuran tertentu keberhasilan dan pencapaian yang telah dicapai oleh suatu organisasi atau Lembaga selama beberapa waktu. Ukuran tersebut, berikutnya akan dijadikan patokan untuk meningkatkan kualitas kinerja selanjutnya. Selain itu, IKU dimaksudkan untuk mendapatkan informasi penting sampai waktu tertentu. Informasi tersebut nantinya akan dijadikan salah satu pedoman untuk langkah berikutnya

Rencana Strategi Bisnis merupakan salah satu perangkat strategis bagi manajemen puncak dari suatu organisasi publik yang memandu dan mengendalikan arah gerak dan perkembangan organisasi. Untuk itu, Rencana Strategi dapat dijadikan sebagai kompas dalam penentuan kebijakan institusi. Rencana Strategi sangat dibutuhkan utamanya dengan adanya dinamika dalam keberlangsungan institusi, seperti dengan adanya perubahan tuntutan internal dan eksternal. Hal ini akan dapat mencegah institusi menyimpang jauh dari tujuan yang telah ditetapkan.

TUJUAN Adapun tujuan diselenggarakan Workshop ini antara lain:
1.Untuk mengetahui sejauh mana capaian kinerja Pusat, Unit, Urusan serta Jurusan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu
2.Untuk Menyusun Key Performance Indicator (KPI) Poltekkes Kemebkes Bengkulu Tahun 2024.
3.Untuk Menyusun Rencana Strategis Bisnis 2025-2029 Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

STRATEGI Kegiatan dilaksanakan secara offline, selama 3 (tiga) hari. Penyampaian Capaian Kinerja Oleh masing-masing Sub.Bag, Pusat, Unit dan Jurusan/Prodi Kampus B yang ada di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Setelah pemaparan Capaian Kinerja dan dilanjutkan dengan diskusi sekaligus penyusunan KPI dan Rencana Strategis Bisnis 2025-2029 Poltekkes Kemnekes Bengkulu.

NARASUMBER Narasumber dalam kegiatan ini adalah:
1.Kepala Sub.Bagian di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu
2.Kepala Pusat di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu
3.Ketua Jurusan di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu
4.Kepala Unit di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu

PESERTA Peserta kegiatan ini adalah seluruh Unsur Pimpinan, Kepala Sub. Bagian, Satuan Internal Pengawas (SPI) Kepala Pusat, Kepala Unit, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Ketua Prodi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu berjumlah 60 orang.

Categories: Berita, Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *