PRAKTEK BELAJAR LAPANGAN PRODI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS (TLM) POLTEKKES KEMENKES BENGKULU

POLKESLU – Praktek Belajar Lapangan bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti perkuliahan, sehingga pada saat pelaksanaan secara langsung di rumah sakit mahasiswa sudah terbiasa jika terjadi kendala selama kegiatan praktek, disamping itu kegiatan Praktek Belajar Lapangan dapat meningkatkan kemampuan calon lulusan pada saat bekerja dibidang pelayanan kesehatan.

Prodi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis telah melaksanakan Praktek Belajar Lapangan untuk mahasiswa tingkat III semester VI yang berjumlah 98 mahasiswa dan dibagi dalam 2 gelombang diantaranya 66 mahasiswa Gel. I, 33 mahasiswa Gel. II. Praktek Kerja Lapangan telah dimulai sejak tanggal 24 Januari – 15 April 2022 dibeberapa rumah sakit di Jakarta, Banten dan Bogor. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melengkapi kebutuhan pemenuhan kompetensi tersebut diatas maka dilakukan Praktik Klinik Laboratorium bagi mahasiswa Prodi Teknologi Laboratorium Medis yang akan dilaksanakan selama 60 hari kerja di Laboratorium (1) RS Kanker Dharmais, (2) Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, (3) RS Sitanala Tanggerang (4) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (5) Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (6) Rumah Sakit Islam Jakarta (7) Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati (8) RS Infeksi Suliantisaroso (9) RSUD Bekasi (10) RSUD Ciawi Bogor (11) Rumah Sakit Krakatau Medika Banten (12) Rumah Sakit Muhammadyah Bandung (13) Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung (14) Rumah Sakit Immanuel Bandung (15) Rumah Sakit Santosa Bandung Kopo (16) Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. M. Salamun.

Kegiatan Praktek juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan komptensi mahasiswa baik afektif, kognitif dan psikomotor mahasiswa sehingga pada akhirnya dapat lulus dalam ujian kompetensi pada akhir program.

Adapun kompetensi yang akan di capai mahasiswa diantaranya :

  1. Melakukan pemeriksaan kimia klinik, hematologi, imunohematologi dan imunoserologi terhadap pemeriksaan laboratorium medik.
  2. Melakukan pemeriksaan parasitologi dan bakteriologi.
  3. Melakukan membuat preparatsitologi, papsmear dan teknik Sitohistologi (pemotongan spesimen, fiksasi, memproses jaringan, membuat blok jaringan, pemotongan jaringan dan pewarnaan).
  4. Melakukan pemantapan mutu internal dan eksternal dalam bidang kimia klinik, hematologi, parasitologi, imunoserologi dan bakteriologi.

Dalam pelaksanaan kegiatan Prakek Belajar Lapangan Luar Provinsi mahasiswa selalu dihimbau untuk tetap menjaga protoKol kesehatan, menjaga nama baik diri sendiri, keluarga dan almamater.(Hms,els)

RS. Krakatau Medika Cilegon

  RS. Angkatan Udara dr.M Salamun
RS. Haji Jakarta
RS. Sintanala Tanggerang
RSUD Ciawi
Kegiatan Praktikum Mahasiswa di RS. Jantung
Categories: Berita, Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *