STUDI TIRU BADAN LAYANAN UMUM (BLU) POLTEKKES KEMENKES JAMBI DI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU TAHUN 2022

POLKESLU – Poltekkes Kemenkes Bengkulu menerima kunjungan kerja Poltekkes Kemenkes Jambi (Polkesjam) terkait kegiatan Studi Tiru Badan Layanan Umum (1-3/3/2022). Dalam kunjungannya Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi mengajak serta unsur pimpinan dan manajamen yang telah ditugas dalam penyusunan Dokumen menuju Satuan Kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU) sebanyak 23 orang, dalam sambutannya Direktur Jambi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang telah memberi  sambutan dengan ramah, kunjungan ini juga bertujuan untuk menjalin keakraban dengan saudara serta saling sharing ilmu tentang BLU maupun pengelolaan Bisnisnya.  

Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu Eliana, SKM, MPH memberikan apresiasi terhadap kunjungan studi tiru yang dilakukan oleh Polkesjam, dalam sambutannya Direktur menjelaskan bahwa Institusi telah ditetapkan sebagai satker BLU sejak tahun 2012 namun kondisi saat itu belum memiliki banyak fasilitas serta Jurusan seperti yang ada saat ini. Utk persyaratan terbaru ada di PMK 129 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan BLU. Untuk terus meningkatkan pendapatan maka Poltekkes Kemenkes Bengkulu mulai melakukan peningkatan sarana prasarana seperti Auditorium dengan kapasitas 1300 orang, Gedung Training Center (GTC) yang memiliki fasilitas 54 Kamar, Laboratorium Computer Based Test (CBT) degan kapasitas 140 PC yang dapat digunakan untuk melakukan test CPNS bagi pihak Eksternal, Gedung Auditroium Prodi Curup dengan kapasitas 600 orang, layanan RO (air mineral), Klinik Hygea yang dapat memberikan pelayanan BPJS dan Umum.

Pada peninjauan langsung studi tiru yang dilaksanakan oleh Polkesjam ke Polkeslu dalam rangkaian acara, Direktur Polkeslu menyampaikan bahwa ada rencana dalam persiapan pengembangan prodi baru yaitu Radiologi dengan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang ada 1 di Bengkulu, 5 masih di Institusi masing-masing serta pendidikan sudah berlatar belakang Radiologi. Satker BLU memberikan Keuntungan fleksibiliti dalam keuangan, keluasan optimalisasi asset, keleluasaan penggunaan saldo awal (pendapatan 30M), fleksibiliti dalam penetapan tarif UKT, UKT ada kenaikan karena selama ini belum termasuk pembayaran untuk wisuda dan Uji Kompetensi (Ukom). Setelah menjadi satker BLU wajib melaporkan keuangan/RBA ke Dewan Pengawas dari eksternal. (Hms/els)

Categories: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *